-->
  • Jelajahi

    Copyright © INDOLIN.ID | INDONESIA ONLINE
    Indolin id
    CLOSE ADS
    CLOSE ADS

    ECONOMY

    Kolonel Inf Surya Pimpin Seminar UGM: Membangun Etika dan Integritas Generasi Z dengan Nilai Pancasila

    INDOLIN.ID
    Kamis, 20 Juni 2024, 12.51 WIB Last Updated 2024-06-20T05:51:20Z

    INDOLIN.ID | YOGYAKARTA — Seminar Podcast nasional bertajuk “Generasi Z Beretika dan Berintegritas Didasari Nilai-Nilai Pancasila melalui Gerakan Pramuka” sukses digelar di Aula Makorem 072/Pamungkas, dipimpin oleh Kolonel Inf Surya sebagai Ketua Penyelenggara. 

    Acara ini diinisiasi oleh mahasiswa program Doktoral Sekolah Pasca Sarjana Universitas Gadjah Mada Angkatan Gasal 2023 dan menarik lebih dari 500 peserta dari berbagai kalangan, termasuk Pramuka, Purna Paskibraka Indonesia (PPI), SMA se-Yogyakarta, Taruna Akademi, komunitas, dan akademisi.

    Seminar ini menghadirkan tiga pembicara utama: Brigjend TNI Zainul Bahar, S.H., M.Si., Danrem 072/Pamungkas; GKR. Mangkubumi yang diwakili oleh Bapak Sri Budoyo, Ketua Kwartir Daerah Pramuka Provinsi DIY; serta Ghania Taufiqa Salma Wibowo, siswa berprestasi dan atlet tenis Provinsi DIY. Mereka membahas pentingnya penguatan nilai-nilai Pancasila pada generasi Z melalui kegiatan Pramuka sebagai wadah pengembangan karakter dan etika generasi muda Indonesia.

    Dalam sambutannya, Brigjend TNI Zainul Bahar menekankan pentingnya pendidikan karakter di era digital. “Generasi Z harus dibekali dengan nilai-nilai etika dan moral yang kuat agar mampu menghadapi tantangan globalisasi tanpa kehilangan jati diri bangsa. Nilai-nilai Pancasila harus menjadi fondasi utama dalam pendidikan karakter tersebut,” ujarnya. 

    Sementara itu, Sri Budoyo, mewakili GKR. Mangkubumi, menyoroti peran Pramuka dalam membentuk generasi muda yang berintegritas dan beretika melalui nilai-nilai Pancasila.

    Ketua Panitia, Kolonel Inf Surya, menekankan pentingnya peran semua pihak dalam mendukung generasi Z untuk terlibat dalam kegiatan Pramuka. Ia juga menyoroti inisiatifnya dalam membentuk komunitas "Muda Berbuat," yang terdiri dari generasi Z penuh talenta, sebagai bukti nyata upaya pembentukan karakter berbasis nilai Pancasila. 

    Kolonel Inf Surya berharap seminar ini menjadi langkah awal dalam menciptakan generasi Z yang cerdas, berkarakter kuat, beretika, dan berintegritas tinggi berdasarkan nilai-nilai Pancasila.(herman)
    Komentar

    Tampilkan

    BERITA TERBARU